RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
KELAS I SEMESTER I
MATA PELAJARAN PKn
MATERI RUKUN ANTAR UMAT BERAGAMA
DISUSUN OLEH
ISNA KHOERINA PUTRI RAHAYU
201233016
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD 2 Jojo
Mata Pelajaran : PKn
Pokok Bahasan Berbeda Tetapi Tetap Satu
Sub
Pokok Bahasan : Rukun Antar Umat
Beragama
Kelas : I ( Satu)
Semester : 1 ( Satu )
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan
suku bangsa.
C.
Indikator
1. Menyebutkan beragam agama di
Indonesia.
2. Menyebukan tempat ibadah di Indonesia.
3. Menyebutkan sikap-sikap yang
mencerminkan hidup rukun beragama.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini siswa
diharapkan:
1. Menyebutkan beragam agama di
Indonesia.
2. Menyebutkan tempat ibadah di Indonesia.
3. Menyebutkan sikap-sikap yang
mencerminkan hidup rukun beragama.
E.
Karakter
Siswa yang Diharapkan
Religious, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu dan
disiplin.
F.
Materi
Pembelajaran
Rukun antar umat beragama.
G.
Model
dan Metode
Model : Talking Stick
Metode : ceramah, Tanya jawab, dan penugasan.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru memberi salam dan mengajak semua siswa berdoa
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.
Guru melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru melakukan apersepsi dan mengulang
materi yang sudah terjadi seperti menyebutkan agama dan tempat agama di
Indonesia di bantu oleh gambar.
4.
Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
10
menit
|
Kegiatan inti
|
Ø Eksplorasi
1.
Guru menggali
pengetahuan siswa tentang perbedaan agama yang ada dalam gambar.
2.
Siswa mengamati
gambar yang di jelaskan oleh guru.
3.
Guru menyediakan sebuah cerita tentang rukun
beragama.
4.
Siswa mendengarkan
materi kerukan umat beragama.dengan bercerita.
Ø Elaborasi
1.
Guru memberikan
petunjuk contoh kegiatan selanjutnya menggunakan media spidol berkeliling
2.
Siswa menyanyikan lagu “balonku” diiringi dengan spidol berjalan mengelilingi siswa (terlampir)
3.
Siswa yang memegang
spidol ketika lagu telah selesai, maju ke depan kelas
4.
Siswa menempelkan
nama agama sesuai gambar yang ditempelkan di papan tulis
Ø Konfirmasi
1.
Siswa
yang belum mendapat giliran maju menanggapi presentasi
2. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum paham.
|
40 menit
|
Kegiatan akhir
|
1.
Guru bersama siswa
membuat simpulan tentang pembelajaran yang sudah dilakukan
2.
Guru melakukan
penilaian berupa evaluasi
3.
Guru memberikan
tindak lanjut berupa remidial bagi siswa yang belum tuntas dan pengayaan bagi
siswa yang tuntas
4.
Guru menyampaikan
kegiatan pembelajaran yang akan datang
5.
Guru mengajak siswa
untuk menutup pembelajaran dengan membaca doa
6.
Guru mengucapkan
salam
|
10 menit
|
I.
Media/
Alat/ Sumber belajar
a.
Sumber
belajar
Suparna,
nana, dkk. 2006. Pendidikan
Kewarganegaraan untuk SD Kelas 1. Jakarta: Erlangga
Suliasih, dkk. 2008. PKn 1 : SD/ MI KELAS 1. Jakarta :Departemen Pusat Perbukuan Nasional.
a.
Media
:
Gambar agama di Indonesia
Gambar tempat ibadah di Indonesia.
Gambar kerukunan umat beragama.
b.
Alat
Spidol
b.
Penilaian
1. Teknik
a.
Penilaian sikap (Percaya diri, teliti dan bertanggung jawab)
b.
Penilaian pengetahuan (tes tertulis mengenai perbedaan agama dan
kerukunan umat beragama di
Indonesia)
c.
Penilaian keterampilan (menempelkan jawaban di depan kelas)
2.
Bentuk instrumen
a.
Lembar pengamatan sikap
b.
Rubrik penilaian tes tertulis
c.
Rubrik penilaian keterampilan menempelkan
jawaban
(Rubrik penilaian terlampir)
Kudus, 25 Agustus 2015
Guru Kelas I Mahasiswa
praktikan
Sri
Kuati, S.Pd.SD Isna Khoerina
P.R
NIP. 19591015 197911
2 005 NIM 2012330016
Mengetahui,
Kepala sekolah
Sugito, S.Pd.
NIP. 19610809 198304 1 006
LAMPIRAN MATERI
A.
Agama
Dan Tempat Agamayang Berada Di Indonesia
B.
Contoh
Sikap Yang Menunjukkan Sikap Mencerminkan Hidup Rukun Beragama
Contoh cerita yang disajikan oleh guru
Musibah
membawa berkah
Sudah
lama penduduk kampong biru dan kampong merah bermusuhan, penduduk di kedua
kampung itu berbeda agama, masing-masing mau menang sendiri mereka selalu salah
paham dan bertengkar.
Suatu hari terjadi banjir, sebagian
besar rumah penduduk kampung biru terendam banjir. Sebagian besar sawah milik
kampung merah terendam banjir sehingga gagal panen.
Sebagian besar penduduk kampung biru
pergi mengungsi. Di perjalanan mereka bertemu penduduk kampung merah. Penduduk
kampung merah mengajak penduduk kampung biru mengungsi di kampung merah, mereka
setuju. Penduduk kampung biru menguungsi
ke kampung merah.
Penduduk
kampung biru membantu bahan makan,
sedangkan penduduk kampung merah membantu tempat pengungsian. Akhirnya penduduk
kedua kampung itu sadar, bahwa perbedaan agama bukan untuk saling bermusuhan,
pertengkaran merugikan mereka tidak menyelesaikan masalah.
Sejak peristiwa itu mereka hidup rukun
saling menolong . musibah membawa berkah.
Nama :
No . Abs :
Kelas :
|
SOAL EVALUASI
Isilah titik-titik dibawah ini dengan
jawaban yang benar !
1. Meski berbeda agama kita harus . . . .
.
2.
Mutia
memeluk agama islam, ia rajin mengaji dan pergi sholat di . . . . .
3. Jika hidup rukun kita akan . . . . .
4. jika saling menghargai akan terhindar
dari . . . .
5.
walaupun berbeda agama ebo dan mutia ke
sekolah bersama mereka saling . . . . .
KUNCI JAWABAN
1. Hidup rukun
2. Masjid
3. Bahagia
4. Permusuhan
5. Hidup rukun
Remidial
Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang belum mampu
membedakan macam-masam agama di lndonesia dan hidup rukun beragama.
Pengayaan
Siswa ditugaskan mencari contoh gambar lain tentang
perbedaan agama dan contoh hidup rukun beragama di Indonesia.
LAMPIRAN PENILAIAN
1.
Lembar
penilaian sikap (percaya diri, teliti dan bertanggung
jawab)
No.
|
Nama
|
Percaya
Diri
|
Teliti
|
Bertanggung jawab
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
BT :
Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Lembar Penilaian
Pengetahuan
Penilaian dilakukan dengan cara menghitung jumlah jawaban benar
dari soal yang tersedia.
Penilaian
=
3. Rubrik penilaian keterampilan
menempelkan jawaban
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan menempel jawaban
|
Jawaban sudah tepat dan benar
|
Terdapat
1 jawaban
kurang tepat dan kurang benar
|
Terdapat
2-3 jawaban kurang tepat dan kurang benar
|
Semua jawaban
kurang tepat dan kurang benar
|
2
|
Percaya
diri menulis jawaban di depan kelas
|
Berani
dan penuh percaya diri menempel
jawaban
|
Percaya
diri dalam menempel jawaban
|
Kurang
percaya diri dalam menempel jawaban
|
Tidak
percaya diri dalam menempel jawaban
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar