Senin, 31 Agustus 2015

rpp bahasa indonesia MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN kelas 5





RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
KELAS V SEMESTER I
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
MATERI MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN


DISUSUN OLEH
ISNA KHOERINA PUTRI RAHAYU
201233016

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                   : SD 2 Jojo
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesis
Pokok Bahasan                 : Menulis Karangan
Sub Pokok Bahasan        : Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman
Kelas                                  : V (Lima)
Semester                             : 1 ( Satu )
Alokasi Waktu                  : 2 x 35 menit

A.         Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan surat undangan, dan dialog tertulis.
B.          Kompetensi Dasar
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
C.         Indikator
1.      Memahami cara menulis karangan berdasarkan pengalaman.
2.      Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
D.         Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini siswa diharapkan:
1.      Mampu memahami cara menulis karangan berdasarkan pengalaman.
2.      Mampu menulis karangan berdasarkan pengalaman.
E.          Karakter Siswa yang Diharapkan
Religious, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu dan disiplin.
F.          Materi Pembelajaran
Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
G.         Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan   : Scientific ( Proses berfikir untuk memecahkan masalah secara sistematis, empiris dan terkontrol )
Model           : CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)
Metode         : ceramah, Tanya jawab, demonstrasi dan penugasan.
H.         Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan awal
a.    Guru mengucapkan salam.
b.    Menyuruh salah satu siswa memimpin.
c. Guru mengabsensi siswa.
d. Guru menyampaikan materi dan indikator.
10 menit
Kegiatan inti
Eksplorasi
a.    Guru tanya jawab dengan siswa tentang pengalaman mereka.
Elaborasi
a.    Guru memberi penguatan jawaban dari siswa.
b.    Guru menjelaskan materi pengalaman.
c.    Guru membuat kelompok dengan mengkondisikan keadaan kelas.
d.   Guru menyuruh siswa untuk memperbaiki teks pengalaman yang telah diberikan setiap kelompok.
e.    Guru menyuruh setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya didepan kelas.
Konfirmasi
a.    Guru mengomentari dan memberi himbauan ke setiap kelompok maupun siswa.
b.    Guru memberi apresiasi ke semua siswa.
c.    Guru memberi lembar evaluasi.
d.   Guru melakukan penilaian.
50 menit
Kegiatan akhir
a.    Guru melakukan diskusi kelas serta menyimpulkan materi.
b.    Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam
10 menit
I.            Media/ Alat/ Sumber belajar
a.      Sumber belajar
·         Warsidi, Edi. 2008. Bahasa Indonesia membuatku cerdas 5: untuk kelas V Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
·         Riyanti, Erni, dkk. 2015.PAKEM Bahasa Indonesia. Surakarta : CV Teguh Karya
J.           Penilaian
Jenis Penilaian          : Non Tes
Tehnik Penilaian       : Non Tes : Penilaian Produk
Instrumen penilaian : Rubrik Penilaian Produk


Kudus, 06 Agustus 2015
Guru Kelas V                                                              Mahasiswa praktikan


Supriyanto                                                                  Isna Khoerina P.R
NIP. 19581014 197802 1 002                                    NIM 2012330016


Mengetahui,
Kepala sekolah


Sugito, S.Pd.
NIP. 19610809 198304 1 006


LAMPIRAN MATERI
Mari, Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman
A.     Tata cara penulisan sebuah karangan
Bagaimana cara menulis sebuah karangan? Caranya dengan membuat kerangka karangan terlebih dahulu. Kerangka karangan merupakan rencana penulisan untuk suatu teks.
Kerangka karangan memudahkan kamu dalam menyusun cerita. Selain itu, urutan hal atau masalah yang akan ditulis sesuai dengan alur (jalan cerita) karangan.
Kamu dapat menulis sebuah karangan berdasarkan pengalamanmu. Misalnya, kamu memiliki pengalaman berlibur ke Subang. Subang merupakan salah satu daerah wisata di Jawa Barat. Di sana, kamu mendatangi sanggar seni gondang. Berikut merupakan contoh kerangka karangan yang dibuat berdasarkan
pengalaman.
Tema Karangan : Pengalaman Bermain Gondang
Rencana Judul : Musik Gondang dari Subang
Kerangka Karangan : (Paragraf I) Mengenal lesung dan alu
(Paragraf II) Kegunaan lesung
(Paragraf III) Cara bermain gondang
(Paragraf IV) Kesenian gondang saat ini
(Paragraf V) Perlunya pelestarian seni gondang.
Berdasarkan kerangka karangan tersebut dibuatlah cerita.
Berikut ini contoh pengembangan cerita yang dibuat oleh salah seorang temanmu.











Musik Gondang dari Subang
Klotak ... klotok ... dog ... dog ...
Klotak ... klotok ... dog ... dog ...
Wow, suara apa itu? Ssst, suara itu berasal dari kayu berlubang yang mirip perahu. Kayu itu dikenal dengan nama lesung. Ketika lesung dipukul-pukul dengan tongkat bernama alu, keluarlah musik berirama merdu. Olala, orang Sunda di Subang, Jawa Barat, pintar sekali memainkan musik pakai lesung dan alu. Kok, bisa begitu, ya?
Teman-teman, tahu lesung dan alu, nggak? Wah, kalau kamu tinggal di kota barangkali jarang melihatnya sebab orang kota tidak menanam padi. Kalau kamu ingin melihat lesung dan alu,datanglah ke desa.
Orang desa memiliki lesung dan alu untuk menumbuk padi. Padi ditumbuk untuk dijadikan beras. Beras hasil tumbukan ini, jika ditanak, rasanya sangat enak.
Padi-padi yang sudah kering dijemur itu dimasukkan ke dalam lesung sambil dipukul-pukul memakai tongkat kayu bernama alu. Dari pukulan alu yang kompak itu, dihasilkan bunyi yang ramai. Klotak ... klotok ... dog ... dog ...
Menurut orang Subang, lesung dan alu bukan sekadar untuk menumbuk padi. Lesung dan alu juga menjadi alat music yang penting. Mereka menyebutnya musik gondang.
Dahulu, nenek moyang orang Subang memainkan gondang sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas limpahan rezeki-Nya. Bahkan, music gondang juga menjadi doa supaya sawah dan ladang orang Sunda tetap subur.
Hingga sekarang, musik gondang masih disukai orang. Kesenian tradisional gondang sering dimainkan pada acara pesta perkawinan, khitanan, bahkan pentas di tempat-tempat umum, seperti mal (pusat perbelanjaan). Tentu saja, musik gondang bukan sekadar berbunyi
Klotak ... .klotok ... dog ... dog .... Gondang juga dapat mengiringi orangmenyanyi, misalnya pada lagu Coel Apu dan Tikukur.
Hadirnya kesenian tradisional gondang di pusat perbelanjaan, tentu saja menjadi salah satu upaya pelestarian budaya. Selain upaya itu, pemerintah setempat sering menampilkan kesenian ini pada acara pekan kesenian tradisional
atau membuat jadwal pentas di hotel-hotel mewah. Tujuan pementasan di sana agar pengunjung mengenal gondang.



B.     Penggunaan tanda baca dan pilihan kata .
1.      Penggunaan Tanda Titik (.)
Tanda titik ( . ) digunakan pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan.
Misalnya : - Ayah pergi ke Surabaya.
-   Susi dan Santi bermain boneka bersama.
2.      Penggunaan Tanda Koma (,)
Tanda koma ( , ) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerian atau pembilangan. Tanda koma juga digunakan untuk memisahkan kalimat setara yang satu dengan kalimat setara yang satu dengan kalimat setara berikutnya yang didahului induk kalimatnya.
Misalnya : - Ibu membeli sayur-sayuran seperti bayam, wortel, dan kangkung.
Perhatikan contoh karangan berikut !
Taman Impian Jaya Ancol
    Taman impian jaya ancol adalah tempat rekreasi terbesar dan terpopuler di Indonesia. Begitu populernya tempat wisata ini, sehingga hampir semua penduduk Jakarta, baik anak-anak maupun orang dewasa mengetahui letak taman impian jaya ancol. Oleh karena itu, janganlah kuatir tersesat jika mau berkunjung ke objek yang menarik ini.
(Diperoleh dari “htt://id/Wikipedia.org/wiki/Taman Impian Jaya Ancol” dengan perubahan seperlunya )














Kelompok   :      
Anggota     : 1.
                  2.
                  3.
                  4.
               
       









Petunjuk !
1.      Bacalah teks karangan dibawah ini !
2.      Amati tanda baca yang terdapat dalam teks karangan !
3.       Tunjukkan tanda baca yang salah, lalu perbaiki tanda baca tersebut !
Liburan Di Rumah Nenek
Pada waktu liburan sekolah yang lalu saya dan keluarga berlibur ke rumah nenek di anyer, kami pergi dari Jakarta dengan menggunakakan mobil.kami dari Jakarta pergi jam 08.00. di perjalanan kami terjebak macet maklum kota Jakarta. Banyak mobil di jalan membuat perjalanan tersendat. Kemudian kami terus melanjutkan perjalanan dan tiba di serang pukul 12.00. kami di sana langsung sholat dan makan bareng di sana. Saya menikmati suasana di rumah nenek yang penuh kekeluargaan. Kami pun beristirahat untuk  di sana.
            Saya senang di rumah nenek, rumah nenek dekat dengan pantai sehingga kami kadang-kadang berjalan-jalan ke pantai. pantai di sana sangat indah. Pasir putih nya terhampar luas dan birunya air laut sungguh indah. Bahkan kami juga di sana melihat sunset sangat indah sekali.
            Sayang sekali kami Cuma seminggu di sana kami sekeluarga harus pulang. Meski berat terasa untuk pergi,karena libur sekolah sudah habis maka kami harus pergi,saya selalu senang pergi kerumah nenek dan semoga kami sekeluarga masih bisa berkunjung ke rumah nenek.






Nama :
No.abs:





4.      Buatlah sebuah karangan berdasarkan pengalamanmu ! perhatikan huruf kapital dan ejaan dengan cermat !





















Instrument Penilaian Produk

No.
Aspek Penilaian
Skor Penilaian
4
3
2
1
1
Judul
Pemilihan judul Sangat sesuai dengan tema, singkat dan jelas, penulisannya sangat tepat
Pemilihan judul sangat sesuai dengan tema tetapi penulisannya tidak tepat

Pemilihan judul kurang tepat  tetapi penulisannya tepat

Pemilihan judul tidak tepat  dan penulisannya tidak tepat

2
Keterpaduan kalimat
Sangat baik dalam memadukan kalimat satu dengan yang lainnya
Sudah baik dalam memadukan kalimat satu dengan yang lainnya
Sudah dapat memadukan kalimat satu dengan yang lainnya tetapi masih belum komunikatif
Belum terdapat keterpaduan antar kalimat satu dengan yang lainnya

3
Penulisan EYD
Sudah mampu menggunakan EYD dengan benar dan tepat
Terdapat 1-3 kesalahan penggunaan EYD dalam menuls  karangan
Terdapat 4-5 kesalahan penggunaan EYD dalam menuls  karangan
Terdapat  lebih dari 5 kesalahan penggunaan EYD dalam menuls  karangan
4
Penggunaan ejaan/ tanda baca
Dalam menulis sudah menggunakan ejaan /tanda baca dengan baik dan benar
Dalam menulis karangan masih terdapat 1-3 kesalahan pada penulisan EYD yang digunakan
Dalam menulis karangan masih terdapat 4-5 kesalahan pada penulisan EYD yang digunakan
Belum mampu mengunakan penggunaan ejaan/tanda baca dengan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar