RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
KELAS V SEMESTER I
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
MATERI MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN
DISUSUN OLEH
ISNA KHOERINA PUTRI RAHAYU
201233016
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD 2 Jojo
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesis
Pokok Bahasan : Menulis Karangan
Sub
Pokok Bahasan : Menulis Karangan
Berdasarkan Pengalaman
Kelas : V (Lima)
Semester : 1 ( Satu )
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan surat undangan,
dan dialog tertulis.
B.
Kompetensi
Dasar
4.1 Menulis karangan berdasarkan
pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
C.
Indikator
1. Memahami
cara menulis karangan berdasarkan pengalaman.
2. Menulis
karangan berdasarkan pengalaman.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini siswa
diharapkan:
1. Mampu
memahami cara menulis karangan berdasarkan pengalaman.
2. Mampu
menulis karangan berdasarkan pengalaman.
E.
Karakter
Siswa yang Diharapkan
Religious, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu dan
disiplin.
F.
Materi
Pembelajaran
Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
G.
Pendekatan,
Model dan Metode
Pendekatan : Scientific
( Proses berfikir untuk memecahkan masalah secara sistematis, empiris dan
terkontrol )
Model : CIRC (Cooperative
Integrated Reading and Composition)
Metode : ceramah, Tanya jawab, demonstrasi dan penugasan.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
awal
|
a.
Guru mengucapkan salam.
b.
Menyuruh salah satu siswa
memimpin.
c.
Guru mengabsensi siswa.
d.
Guru menyampaikan materi dan indikator.
|
10
menit
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
a.
Guru tanya jawab dengan siswa
tentang pengalaman mereka.
Elaborasi
a. Guru
memberi penguatan jawaban dari siswa.
b. Guru
menjelaskan materi pengalaman.
c. Guru
membuat kelompok dengan mengkondisikan keadaan kelas.
d. Guru
menyuruh siswa untuk memperbaiki teks pengalaman yang telah diberikan setiap
kelompok.
e. Guru
menyuruh setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya didepan kelas.
Konfirmasi
a. Guru
mengomentari dan memberi himbauan ke setiap kelompok maupun siswa.
b. Guru
memberi apresiasi ke semua siswa.
c. Guru
memberi lembar evaluasi.
d. Guru
melakukan penilaian.
|
50 menit
|
Kegiatan akhir
|
a. Guru
melakukan diskusi kelas serta menyimpulkan materi.
b. Guru
menutup pembelajaran dan mengucapkan salam
|
10 menit
|
I.
Media/
Alat/ Sumber belajar
a.
Sumber
belajar
·
Warsidi, Edi. 2008. Bahasa Indonesia membuatku cerdas 5: untuk kelas V Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
·
Riyanti, Erni, dkk. 2015.PAKEM Bahasa Indonesia. Surakarta : CV Teguh Karya
J.
Penilaian
Jenis Penilaian : Non Tes
Tehnik Penilaian : Non Tes : Penilaian Produk
Instrumen penilaian : Rubrik
Penilaian Produk
Kudus, 06 Agustus 2015
Guru Kelas V Mahasiswa
praktikan
Supriyanto Isna
Khoerina P.R
NIP. 19581014 197802
1 002 NIM 2012330016
Mengetahui,
Kepala sekolah
Sugito, S.Pd.
NIP. 19610809 198304 1 006
LAMPIRAN MATERI
Mari, Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman
A.
Tata
cara penulisan sebuah karangan
Bagaimana
cara menulis sebuah karangan? Caranya dengan membuat kerangka karangan terlebih
dahulu. Kerangka karangan merupakan rencana penulisan untuk suatu teks.
Kerangka karangan memudahkan kamu
dalam menyusun cerita. Selain itu, urutan hal atau masalah yang akan ditulis sesuai
dengan alur (jalan cerita) karangan.
Kamu dapat menulis sebuah
karangan berdasarkan pengalamanmu. Misalnya, kamu memiliki pengalaman berlibur ke
Subang. Subang merupakan salah satu daerah wisata di Jawa Barat. Di sana, kamu
mendatangi sanggar seni gondang. Berikut merupakan contoh kerangka karangan
yang dibuat berdasarkan
pengalaman.
Tema
Karangan : Pengalaman Bermain Gondang
Rencana
Judul : Musik Gondang dari Subang
Kerangka
Karangan : (Paragraf I) Mengenal lesung dan alu
(Paragraf
II) Kegunaan lesung
(Paragraf
III) Cara bermain gondang
(Paragraf
IV) Kesenian gondang saat ini
(Paragraf
V) Perlunya pelestarian seni gondang.
Berdasarkan
kerangka karangan tersebut dibuatlah cerita.
Berikut
ini contoh pengembangan cerita yang dibuat oleh salah seorang temanmu.
Musik Gondang dari Subang
Klotak ...
klotok ... dog ... dog ...
Klotak ...
klotok ... dog ... dog ...
Wow, suara apa itu?
Ssst, suara itu berasal dari kayu berlubang yang mirip perahu. Kayu itu
dikenal dengan nama lesung. Ketika lesung dipukul-pukul dengan tongkat bernama
alu, keluarlah musik berirama merdu. Olala, orang Sunda di Subang, Jawa
Barat, pintar sekali memainkan musik pakai lesung dan alu. Kok, bisa
begitu, ya?
Teman-teman,
tahu lesung dan alu, nggak? Wah, kalau kamu tinggal di kota
barangkali jarang melihatnya sebab orang kota tidak menanam padi. Kalau kamu
ingin melihat lesung dan alu,datanglah ke desa.
Orang desa
memiliki lesung dan alu untuk menumbuk padi. Padi ditumbuk untuk dijadikan
beras. Beras hasil tumbukan ini, jika ditanak, rasanya sangat enak.
Padi-padi yang
sudah kering dijemur itu dimasukkan ke dalam lesung sambil dipukul-pukul
memakai tongkat kayu bernama alu. Dari pukulan alu yang kompak itu, dihasilkan
bunyi yang ramai. Klotak ... klotok ... dog ... dog ...
Menurut
orang Subang, lesung dan alu bukan sekadar untuk menumbuk padi. Lesung dan alu
juga menjadi alat music yang penting. Mereka menyebutnya musik gondang.
Dahulu,
nenek moyang orang Subang memainkan gondang sebagai ungkapan syukur kepada
Tuhan atas limpahan rezeki-Nya. Bahkan, music gondang juga menjadi doa supaya
sawah dan ladang orang Sunda tetap subur.
Hingga
sekarang, musik gondang masih disukai orang. Kesenian tradisional gondang
sering dimainkan pada acara pesta perkawinan, khitanan, bahkan pentas di
tempat-tempat umum, seperti mal (pusat perbelanjaan). Tentu saja, musik gondang
bukan sekadar berbunyi
Klotak ...
.klotok ... dog ... dog .... Gondang juga dapat mengiringi orangmenyanyi,
misalnya pada lagu Coel Apu dan Tikukur.
Hadirnya
kesenian tradisional gondang di pusat perbelanjaan, tentu saja menjadi salah
satu upaya pelestarian budaya. Selain upaya itu, pemerintah setempat sering
menampilkan kesenian ini pada acara pekan kesenian tradisional
atau membuat
jadwal pentas di hotel-hotel mewah. Tujuan pementasan di sana agar pengunjung
mengenal gondang.
B.
Penggunaan tanda baca dan pilihan kata .
1. Penggunaan
Tanda Titik (.)
Tanda titik ( . ) digunakan pada
akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan.
Misalnya : - Ayah pergi ke
Surabaya.
-
Susi dan Santi bermain boneka bersama.
2. Penggunaan
Tanda Koma (,)
Tanda koma ( , ) dipakai di antara unsur-unsur dalam
suatu pemerian atau pembilangan. Tanda koma juga digunakan untuk memisahkan
kalimat setara yang satu dengan kalimat setara yang satu dengan kalimat setara
berikutnya yang didahului induk kalimatnya.
Misalnya : - Ibu membeli sayur-sayuran seperti
bayam, wortel, dan kangkung.
Perhatikan contoh karangan berikut !
Taman
Impian Jaya Ancol
Taman impian jaya ancol adalah tempat rekreasi
terbesar dan terpopuler di Indonesia. Begitu populernya tempat wisata ini,
sehingga hampir semua penduduk Jakarta, baik anak-anak maupun orang dewasa
mengetahui letak taman impian jaya ancol. Oleh karena itu, janganlah kuatir
tersesat jika mau berkunjung ke objek yang menarik ini.
(Diperoleh dari
“htt://id/Wikipedia.org/wiki/Taman Impian Jaya Ancol” dengan perubahan
seperlunya )
Kelompok :
Anggota : 1.
2.
3.
4.
|
Petunjuk !
1.
Bacalah teks
karangan dibawah ini !
2.
Amati tanda
baca yang terdapat dalam teks karangan !
3.
Tunjukkan
tanda baca yang salah, lalu perbaiki tanda baca tersebut !
Liburan Di Rumah
Nenek
Pada waktu liburan sekolah yang lalu saya dan keluarga
berlibur ke rumah nenek di anyer, kami pergi dari Jakarta dengan menggunakakan
mobil.kami dari Jakarta pergi jam 08.00. di perjalanan kami terjebak macet
maklum kota Jakarta. Banyak mobil di jalan membuat perjalanan tersendat.
Kemudian kami terus melanjutkan perjalanan dan tiba di serang pukul 12.00. kami
di sana langsung sholat dan makan bareng di sana. Saya menikmati suasana di
rumah nenek yang penuh kekeluargaan. Kami pun beristirahat untuk di sana.
Saya senang di rumah nenek, rumah nenek dekat dengan pantai sehingga kami
kadang-kadang berjalan-jalan ke pantai. pantai di sana sangat indah. Pasir putih
nya terhampar luas dan birunya air laut sungguh indah. Bahkan kami juga di sana
melihat sunset sangat indah sekali.
Sayang sekali kami Cuma seminggu di sana kami sekeluarga harus pulang. Meski
berat terasa untuk pergi,karena libur sekolah sudah habis maka kami harus
pergi,saya selalu senang pergi kerumah nenek dan semoga kami sekeluarga masih
bisa berkunjung ke rumah nenek.
Nama :
No.abs:
|
4. Buatlah
sebuah karangan berdasarkan pengalamanmu ! perhatikan huruf kapital dan ejaan dengan
cermat !
Instrument
Penilaian Produk
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Skor Penilaian
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Judul
|
Pemilihan judul Sangat sesuai dengan
tema, singkat dan jelas, penulisannya sangat tepat
|
Pemilihan
judul sangat sesuai dengan tema tetapi penulisannya tidak tepat
|
Pemilihan
judul kurang tepat tetapi penulisannya
tepat
|
Pemilihan
judul tidak tepat dan penulisannya
tidak tepat
|
2
|
Keterpaduan
kalimat
|
Sangat baik
dalam memadukan kalimat satu dengan yang lainnya
|
Sudah baik
dalam memadukan kalimat satu dengan yang lainnya
|
Sudah dapat
memadukan kalimat satu dengan yang lainnya tetapi masih belum komunikatif
|
Belum terdapat
keterpaduan antar kalimat satu dengan yang lainnya
|
3
|
Penulisan EYD
|
Sudah mampu menggunakan EYD dengan
benar dan tepat
|
Terdapat 1-3 kesalahan penggunaan EYD
dalam menuls karangan
|
Terdapat 4-5 kesalahan penggunaan EYD
dalam menuls karangan
|
Terdapat lebih dari 5 kesalahan penggunaan EYD dalam
menuls karangan
|
4
|
Penggunaan
ejaan/ tanda baca
|
Dalam menulis sudah
menggunakan ejaan /tanda baca dengan baik dan benar
|
Dalam menulis
karangan masih terdapat 1-3 kesalahan pada penulisan EYD yang digunakan
|
Dalam menulis
karangan masih terdapat 4-5 kesalahan pada penulisan EYD yang digunakan
|
Belum mampu mengunakan
penggunaan ejaan/tanda baca dengan tepat.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar