PERANGKAT PEMBELAJARAN
KELAS II SEMESTER I
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
MATERI LAMBANG BILANGAN
DISUSUN OLEH
ISNA KHOERINA PUTRI RAHAYU
201233016
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015
SILABUS PEMBELAJARAN MAPEL Matematika
Kelas II
Disusun
Oleh :
Isna Khoerina
P.R
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
KELAS II SEMESTER I
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
MATERI LAMBANG BILANGAN
DISUSUN OLEH
ISNA KHOERINA PUTRI RAHAYU
201233016
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD 2 Jojo
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Lambang Bilangan
Sub
Pokok Bahasan : Mengenal Tempat Lambang
Bilangan
Kelas : II ( Dua)
Semester : 1 ( Satu )
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.
B.
Kompetensi
Dasar
1.3 Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan
satuan.
C.
Indikator
1. Menyebutkan
tempat bilangan ratusan, puluhan dan satuan.
2. Menempatkan
bilangan ratusan, puluhan dan satuan.
3. Menunjukkan
tempat bilangan ratusan, puluhan dan satuan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini siswa
diharapkan:
1. Mampu
menyebutkan tempat bilangan ratusan, puluhan dan satuan.
2. Mampu
menempatkan bilangan ratusan, puluhan dan satuan.
3. Mampu
menunjukkan tempat bilangan ratusan, puluhan dan satuan.
E.
Karakter
Siswa yang Diharapkan
Religious, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu dan disiplin.
F.
Materi
Pembelajaran
Mengenali bilangan ratusan, puluhan dan satuan.
G.
Pendekatan,
Model dan Metode
Pendekatan : Scientific
( Proses berfikir untuk memecahkan masalah secara sistematis, empiris dan
terkontrol )
Model : Cooperatif Learning Snowball Throwing
Metode : ceramah, Tanya jawab, demonstrasi dan penugasan.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru memberi salam dan mengajak semua siswa berdoa
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.
Guru melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Guru melakukan appersepsi dan bertanya jawab
tentang materi yang akan dibahas.
“ Waktu ibu sedang
jalan-jalan ke sebuah tempat pasar murah, ibu memeperhatikan tempat yang
digunakan, dan ternyata di tempat tersebut ada sebuah tanda yang berupa angka
yang bisa memudahkan pembeli lebih mudah mencari barang yang diinginkan. Contoh
seperti ingin membeli panci nomor 115 dan baju nomor 223.dll”
4.
Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b.
Kegiatan
Inti (40 menit)
Ø Eksplorasi
7.
Guru menggali
pengetahuan siswa tentang lambang bilangan.
8.
Siswa mengemukakan
pendapatnya tentang lambang bilangan.
9.
Guru menyimpulkan
pendapat siswa tentang lambang bilangan.
10.
Guru menunjukkan tempat lambang bilangan
11.
Siswa mengamati media
yang ditunjukkan oleh guru tentang tempat lambang bilangan.
12.
Siswa bertanya jawab
dengan guru mengenai tempat bilangan dari ratusan, puluhan dan satuan.
Ø Elaborasi
10.
Guru memberikan petunjuk dan contoh tentang kegiatan
selanjutnya menggunakan bola keliling.
11.
Siswa yang mendapat bola tersebut akan mengambil
pertanyaan yang ada di dalam bola dan menjawabnya menggunakan media yang sudah
disediakan .
12.
Guru membimbing siswa melakukan kegiatan tersebut
dengan menyanyikan lagu “Balonku”.
13.
Guru memberikan evaluasi jawaban yang telah diberikan,
guru menjelaskan kembali secara singkat.
14.
Guru memberikan Lembar
Evaluasi kepada setiap siswa
15.
Siswa mengerjakan
Lembar Evaluasi secara individu
Ø Konfirmasi
16. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh
siswa
17.
Guru melakukan penilaian secara tertulis tentang semua
materi yang telah disampaikan.
18.
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan pada
siswa
c.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
1.
Guru memberikan umpan balik
kepada siswa mengenai pembelajaran yang telah dilakukan
2.
Bersama-sama guru dan siswa
membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar.
3.
Guru memberikan tindak
lanjut pembelajaran kepada siswa dengan memberikan tugas untuk diselesaikan
dirumah.
4.
Guru menyampaikan materi
pembelajaran yang akan dipelajari untuk pertemuan selanjutnya.
5.
Guru mengajak semua siswa
berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
I.
Media/
Alat/ Sumber belajar
c.
Sumber
belajar
Riyanti, Erni dkk. 2015. PAKEM Matematika untuk
SD/MI kelas 2. Surakarta: CV Teguh Karya.
d.
Media
:
Gantungan tempat bilangan.
J.
Penilaian
Jenis Penilaian : Tes
Tehnik Penilaian : Tes : Evaluasi ( isian singkat)
Instrumen penilaian : Penilaian
Evaluasi
Kudus, 03 Agustus 2015
Guru Kelas II Mahasiswa
praktikan
Mashuri, S.Pd. Isna
Khoerina P.R
NIP.19590429 197911 1 001 NIM 2012330016
Mengetahui,
Kepala sekolah
Sugito, S.Pd.
NIP. 19610809 198304 1 006
LAMPIRAN MATERI
Nilai tempat bilangan
1.
Mengenal
nilai tempat bilangan
Bilangan berapakah ini
168
|
8
|
6
|
1
|
Puluhan
Satuan
Angka 1 Ã
menempati tempat ratusan nilainya 100
Angka 6 Ã
menempati tempat puluhan nilainya 60
Angka 8 Ã
menempati tempat satuan nilainya 8
2.
Menuliskan
bilangan dalam bentuk panjang
Contoh bilangan 234
diuraikan menjadi
2 menempati tempat ratusan nilainya 200
3 menempati tempat puluhan nilainya 30
4 menempati tempat satuan nilainya 4
Jadi
234 = 2 ratusan + 3 puluhan + 4
satuan
=
200 + 30 + 4
200 +
30 + 4 adalah bentuk panjang dari 234
|
a.
Angka 4 mempati tempat ………., nilainya……………..
Angka 5 mempati tempat ………., nilainya……………..
Angka 6 mempati tempat ………., nilainya……………..
|
456
|
Angka 1 mempati tempat ………., nilainya……………..
Angka 9 mempati tempat ………., nilainya……………..
Angka 4 mempati tempat ………., nilainya……………..
|
194
|
Angka 2 mempati tempat ………., nilainya……………..
Angka 4 mempati tempat ………., nilainya……………..
Angka 5 mempati tempat ………., nilainya……………..
|
245
|
Angka 3 mempati tempat ………., nilainya……………..
Angka 1 mempati tempat ………., nilainya……………..
Angka 2 mempati tempat ………., nilainya……………..
|
312
|
Angka 2 mempati tempat ………., nilainya……………..
Angka 3 mempati tempat ………., nilainya……………..
Angka 1 mempati tempat ………., nilainya……………..
|
231
|
b.
Isilah
titik titik dengan jawaban yang tepat
1.
452
= ……. ratusan+……….puluhan+……..satuan
=..........+……….+………..
2.
213=
……. ratusan+……….puluhan+……..satuan
=..........+……….+………..
3.
541
= ……. ratusan+……….puluhan+……..satuan
=..........+……….+………..
4.
124
= ……. ratusan+……….puluhan+……..satuan
=..........+……….+………..
5.
354
= ……. ratusan+……….puluhan+……..satuan
=..........+……….+………..
KUNCI JAWABAN
a.
456
|
Angka
5 mempati tempat puluhan , nilainya 50
Angka
6 mempati tempat satuan, nilainya 6
231
|
Angka 2 mempati
tempat ratusan , nilainya 200
Angka
3 mempati tempat puluhan , nilainya 30
Angka
1 mempati tempat satuan, nilainya 6
194
|
Angka 1 mempati
tempat ratusan , nilainya 100
Angka
9 mempati tempat puluhan , nilainya 90
Angka
4 mempati tempat satuan, nilainya 4
312
|
Angka 3 mempati
tempat ratusan , nilainya 300
Angka
1 mempati tempat puluhan , nilainya 10
Angka
2 mempati tempat satuan, nilainya 2
245
|
Angka 2 mempati
tempat ratusan , nilainya 200
Angka
4 mempati tempat puluhan , nilainya 40
Angka
5 mempati tempat satuan, nilainya 5
b. Isilah titik titik dengan
jawaban yang tepat
1. 452 = 4 ratusan+ 5 puluhan+ 2 satuan
=
400 + 50 + 2
2. 213= 2 ratusan+ 1 puluhan+ 3 satuan
=
200 + 10 + 3
3. 541 = 5 ratusan+ 4 puluhan+ 1 satuan
=
500 + 40 + 1
4. 124 = = 1 ratusan+ 2 puluhan+ 4 satuan
= 100 + 20 + 4
5. 354 = 3 ratusan+ 5 puluhan+ 4 satuan
= 300 + 50 + 4
LAMPIRAN PENILAIAN
Penilaian
Evaluasi
Penilaian
dilakukan dengan cara menghitung jumlah
jawaban yang benar dari soal yang tersedia.
Skor Penilaian = 100
Skor
Akhir = skor yang diperoleh x 100
Skor maks
Konversi Nilai
Amat baik (A)
|
90<A≤100
|
Baik (B)
|
80<B≤90
|
Cukup (C)
|
70<C≤ 80
|
Kurang (K)
|
≤70
|
The King Casino and Resort
BalasHapusThe king casino worrione and ventureberg.com/ resort features a modern casino with everything kadangpintar you'd expect from a classic Vegas Strip casino. The resort features 50000 square febcasino.com feet of Funding: $250 millionDesign: Inspired DesignMasters: Ivan Karaszko