RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
KELAS IV SEMESTER I
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
MATERI MENGURUTKAN DAN MENYUSUN 10 BILANGAN DARI
YANG TERKECIL ATAU SEBALIKNYA
DISUSUN OLEH
ISNA KHOERINA PUTRI RAHAYU
201233016
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD 2 Jojo
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Operasi Hitung Bilangan
Sub
Pokok Bahasan : Mengurutkan dan
Menyusun 10 Bilangan dari yang Terkecil atau sebaliknya
Kelas : IV (Empat)
Semester : 1 ( Satu )
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam memecahkan masalah.
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Mengurutkan bilangan
C.
Indikator
1. Mengurutkan
10 bilangan dari yang terkecil atau sebaliknya.
2. Menyusun
10 bilangan dari yang terkecil atau sebaliknya.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini siswa
diharapkan:
1. Mampu
mengurutkan 10 bilangan dari yang terkecil atau sebaliknya.
2. Menyusun
10 bilangan dari yang terkecil atau sebaliknya.
E.
Karakter
Siswa yang Diharapkan
Religious, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu dan
disiplin.
F.
Materi
Pembelajaran
Mengurutkan dan menyusun 10 bilangan dari yang
terkecil atau sebaliknya.
G.
Model
dan Metode
Model : Teams Games Tournament (TGT)
Metode : ceramah, diskusi, dan Tanya jawab.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
awal
|
a.
Guru mengucapkan salam.
b.
Menyuruh salah satu siswa
memimpin.
c.
Guru mengabsensi siswa.
d.
Guru menyampaikan materi dan indikator.
|
10
menit
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
1. Guru
menyampaikan sebuah cerita yang berkaitan dengan materi.
Elaborasi
2. Guru
memberi penguatan jawaban dari siswa.
3. Guru
menyampaikan materi mengenai mengurutkan dan menyusun bilangan.
4. Guru
memberikan informasi kepada siswa mengenai pembentukan kelompok.
5. Kelompok
tersebut terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok.
6. Siswa
membentuk kelompok dan memilih anggota kelompoknya sendiri.
7. Guru
membagikan kartu pertanyaan yang terdiri dari nomor 1-10 pada setiap
kelompok. Beserta dengan lembar jawaban.
8. Siswa
mengerjakan soal pada setiap nomor yang ada dikartu pada lembar jawaban.
9. Guru
membagikan kartu jawaban dari soal yang ada di kartu pertanyaan. Sebelum guru
memberikan perintah kartu tersebut tidak boleh dibuka.
Konfirmasi
10.
Guru menunjuk
secara acak dari setiap kelompok untuk mengambil nomor dan mecocokkan soal
dari nomor tersebut dengan kartu jawaban yang telah diberikan.
11.
Guru
memberikan peraturan jika jawaban benar akan mendapat nilai 5 jika jawaban
salah tidak mendapatkan nilai 1.
12.
Guru
menuliskan nilai dari setiap kelompok di kertas yang telah ditempelkan pada
papan tulis.
13.
Guru memberi
lembar evaluasi.
14.
Guru
melakukan penilaian.
|
50 menit
|
Kegiatan akhir
|
a. Guru
melakukan diskusi kelas serta menyimpulkan materi.
b. Guru
menutup pembelajaran dan mengucapkan salam
|
10 menit
|
I.
Media/
Alat/ Sumber belajar
a.
Sumber
belajar
·
Moesono, Djoko dan Sujono. 2002. Matematika 5 Mari Berhitung : untuk kelas 4
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta : Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional.
·
Riyanti, Erni, dkk. 2015.PAKEM Matematika. Surakarta : CV Teguh Karya
J.
Penilaian
1.
Prosedur
penilaian
a.
Penilaian
proses melakukan diskusi , menjawab soal pada saat kegiatan diskusi.
b.
Penilaian hasil
belajar menggunakan tes lisan dan tertulis
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian
proses pada saat siswa melakukan diskusi
b.
Penilaian hasil
belajar dilakukan dengan memberikan soal kepada siswa dan memberikan nilai jika
benar mendapat nilai 5 dan jika jawaban salah mendapat nilai 1.
3.
Lembar
penilaian
*Terlampir
Kudus, 12 Agustus 2015
Guru Kelas IV Mahasiswa
praktikan
Kunarsih.S.Pd.SD Isna
Khoerina P.R
NIP. 19581227 198202
2 004 NIM 2012330016
Mengetahui,
Kepala sekolah
Sugito, S.Pd.
NIP. 19610809 198304 1 006
LAMPIRAN MATERI
Untuk mempermudah membandingkan
bilangan acak, perhatikan cara berikut ini.
23.451; 23.251; 23.051; 23.351;
23.151
Jika diurutkan
dari yang terkecil penyelesaiannya adalah sebagai berikut.
1.
Bandingankan
nilai puluhan ribu, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan sampai ditemukan
perbedaan (beri tanda nilai yang sama)
2.
Jika menemui
perbedaan, bandingkan dan urutkan nilai angka dari yang terkecil
3.
Urutkan sesuai
perintah!
Sehingga
hasil urutannya menjadi: 23.051; 23.151; 23.251; 23.351; 23.451.
Membandingkan suatu bilangan dapat
dilakukan dengan cara membandingkan nilai tempat dari angka yang terdepan.
Membandingkan dua bilangan dapat dilakukan dengan menuliskan tanda lebih kecil
( < ) atau tanda lebih besar ( > ).
Contoh :
Bandingkan
bilangan 73.249 dan 73.523
7 3 . 2 4 9 7
3 . 5 2 3
Puluh ribuan : 7 = 7
Ribuan : 3 = 3
Ratusan : 2 < 5
Puluhan : 4 < 5
Satuan : 9 > 3
Karena
angka ratusan bilangan 73.249 lebih kecil dari 73.523
Jadi,
bilangan yang lebih besar 73.523 dapat ditulis 73.249 < 73.523 dibaca 73.523
Kelompok :
Anggota : 1.
2.
3.
4.
|
Petunjuk
Kegiatan Siswa
1. Duduklah
dengan teman satu kelompok
2. Bukalah
kartu pertanyaan yang telah diberikan oleh guru.
3. Setiap
anggota kelompok, ambillah salah satu nomor dan jawablah pertanyaan yang ada di
soal tersebut.
4. Tuliskan
jawaban pada lembar jawaban yang telah disediakan oleh guru.
5. Bukalah
kartu jawaban yang telah diberikan guru, lalu cocokkan jawabanmu dengan kartu
jawaban yang diberikan oleh guru.
6. Jika
jawaban benar mendapat nilai 5 dan jika salah mendapat nilai 1.
Nama :
No.abs:
|
A.
Urutkan bilangan berikut ini dari yang
terkecil sampai terbesar.
1. 25.300,
25.299, 25.302, 25.298, 25.301
Jawab
: ……………………………………………………………………
2. 41.543,
41.541, 41.545, 41.544, 41.542
Jawab : ……………………………………………………………………
3. 11.012,
11.042, 11.002, 11.022, 11.023
Jawab : ……………………………………………………………………
4. 38.548,
38.148, 38.348, 38.248, 38.448
Jawab : ……………………………………………………………………
5. 7.899, 4.899, 5.899, 6.899, 8.899
Jawab : ……………………………………………………………………
B.
Urutkan bilangan berikut ini dari yang
terbesar sampai terkecil.
1. 16.128, 16.130, 16.133, 16.132
Jawab : ……………………………………………………………………
2.
20.238, 20.242, 20.240, ,
20.241
Jawab : ……………………………………………………………………
3.
3.150, 3.153, 3.148, 3.155
Jawab : ……………………………………………………………………
4.
3.261, 3.263, 3.266, 3.265
Jawab : ……………………………………………………………………
5.
4.377, 4.371, 4.375, 4.373
Jawab : ……………………………………………………………………
KUNCI JAWABAN
A.
Urutkan bilangan berikut ini dari yang
terkecil sampai terbesar.
1. 25.298,
25.299, 25.300, 25.301 25.302
2. 41.541,
41.542, 41.543, 41.544, 41.545
3. 11.002,
11.012, 11.022, 11.023, 11.042
4. 38.148,
38.248, 38.348, 38.448, 38.548
5. 4.899,
5.899, 6.899, 7.899, 8.899
B. Urutkan
bilangan berikut ini dari yang terbesar sampai terkecil.
1. 16.133 , 16.132, 16.130, 16.128
2.
20.242, 20.241, 20.240, 20.238
3.
3.155, 3.153, 3.150, 3.148
4.
3.266, 3.265, 3.263, 3.261
5.
4.377, 4.375, 4.373, 4.371
LAMPIRAN PENILAIAN
Penilaian
Evaluasi
Penilaian
dilakukan dengan cara menghitung jumlah
jawaban yang benar dari soal yang tersedia.
Skor Penilaian = 100
Skor
Akhir = skor yang diperoleh x 100
Skor maks
Konversi Nilai
Amat baik (A)
|
90<A≤100
|
Baik (B)
|
80<B≤90
|
Cukup (C)
|
70<C≤ 80
|
Kurang (K)
|
≤70
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar