TUGAS PENILAIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Dosen
pengampu : Imaniar Purbasari, M.Pd.
INSTRUMENT
PENILAIAN KELAS IV
SEMESTER 1
PADA MATERI JENIS-JENIS DAN PERSEBARAN SDA
Oleh
:
ISNA KHOERINA P.R
2012-33-016
6A
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU SEOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015
kisi-kisi Soal
Mapel :
IPS
Kelas / Smt :
V/I
Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan
keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
No.
|
Kompetesi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Aspek
|
|||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
||||
1.3 menunjukan jenis dan persebaran sumber daya alam di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubunngannya dengan keragaman
sosial dan budaya
|
-
Mengenali jenis-jenis dan persebaran SDA
-
Mengelompokkan jenis-jenis persebaran
SDA
-
Menunjukkan wilayah persebaran SDA
|
Jenis-jenis da persebaran Sumber Daya
Alam
|
1,2dan
6
4,5,7,9
dan10
|
3da
8
|
ULANGAN
HARIAN
Jodohan
pertanyaan disebelah kanan dengan sebelah kiri
Pernyataan
|
Jawaban
|
1.
Sumber daya alam digolongkan menjadi dua.
2.
Contoh kekayaan alam yang dapat diperbaharui.
3.
Sumber daya alam barang tambang.
4.
Daerah Indonesia untuk menanam kayu jati.
5.
Daerah Indonesia untuk penghasil nikel.
6.
Sumber daya alam yang dapat habis.
7.
Daerah penghasil cokelat di jawa tengah.
8.
Salah satu hasil pertanian Negara kita.
9.
Daerah Indonesia untuk penghasil kuda.
10.
Daerah irian jaya merupakan penghasil pertambangan.
|
a.
Salatiga
b.
Kacang Tanah
c.
Tembaga
d.
Papua
e.
Tidak Dapat Diperbaharui
f.
Hutan
g.
Nusa Tenggara Timur
h.
Minyak Bumi
i.
Jawa Tengah
j.
Soroake
k.
Dapat di perbahari dan tidak dapat diperbahaui
|
KUNCI JAWABAN
1.
K.
Dapat Di Perbahari Dan Tidak Dapat Diperbahaui
2. F. Hutan
3.
H.
Minyak Bumi
4.
I.
Jawa Tengah
5.
J.
Soroake
6.
E.
Tidak Dapat Di Perbaharui
7.
A.
Salatiga
8.
B.
Kacang Tanah
9.
G.
Nusa Tenggara Timur
10. C. Tembaga
Tehnik Penskoran Soal menjodohkan
Jumlah soal =10
@soal benar =1
Salah = 0
Skor minimal =0
Maksimal = 10
Nilai =
Non Tes
Penilaian teman sejawat
Nama teman yang dinilai :……………………….
Nama penilai :……………………….
Kelas :……………………….
Semester :……………………….
Waktu penilaian :……………………….
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Berperan
aktif dalam kelompok
|
|
|
2
|
Menghormati
dan menghargai pendapat orang lain
|
|
|
3
|
Tidak
memaksa kehendak / pendapatnya
|
|
|
4
|
Mau
bekerja sama dalam kelompok
|
|
|
5
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|
|
Keterangan :
-
Penilaian
antarpeserta didik digunakan untuk mencocokan persepsi diri peserta didik
dengan persepsi temannya sera kenyataan yang ada.
-
Hasil
penilaian antarteman digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan
motivasi lebih lanjut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar