RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
KELAS IV SEMESTER I
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
MATERI MENDESKRIPSIKAN TEMPAT BERDASARKAN GAMBAR
DISUSUN OLEH
ISNA KHOERINA PUTRI RAHAYU
201233016
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD 2 Jojo
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan : Kesenian
Sub
Pokok Bahasan : Mendeskripsikan
Tempat Berdasarkan Gambar
Kelas : IV (Empat)
Semester : 1 ( Satu )
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
2.
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu
alat
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Mendeskripsikan
tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
C.
Indikator
1. Mendeskripsikan
tempat berdasarkan gambar.
2. Menjelaskan
tempat berdasarkan gambar yang sudah ditentukan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini siswa
diharapkan:
1. Mampu
mendeskripsikan tempat berdasarkan gambar.
2. Mampu
menjelaskan tempat berdasarkan gambar yang sudah ditentukan.
E.
Karakter
Siswa yang Diharapkan
Religious, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu dan
disiplin.
F.
Materi
Pembelajaran
Mendeskripsikan tempat berdasarkan gambar.
G.
Pendekatan,Model
dan Metode
Pendektan : Scientific
Model : Kooperatif tipe NHT (Number Head Together)
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi,
dan penugasan.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
awal
|
a.
Guru mengucapkan salam.
b.
Menyuruh salah satu siswa
memimpin doa.
c. Guru
mengabsensi siswa.
d. Menanyakan
kabar untuk hari ini, menanyakan apa kegitan yang dilakukan selama liburan
sekolah.
e. Guru
menyampaikan materi dan indikator.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
Eksplorasi
1. Guru
menunjukkan beberapa gambar.
2. Guru
menjelaskan tentang gmbar-gmabr tersebut.
3. Guru
melakukan Tanya jawab tentang gambar yang ditunjukkan.
Elaborasi
1. Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 3-4 siswa
2. Setiap
siswa dalam kelompok diberikan nomor urut yang berbeda-beda
3. Guru
memberikan LKS kepada tiap kelompok
4.
Setiap kelompok mendiskusikan LKS sesuai dengan petunjuk guru
5.
Setiap kelompok
mencatat hasil diskusi kelompoknya beserta jawaban dari pertanyaan yang
terdapat dalam Lembar Kerja Siswa
6.
Setelah selesai diskusi, guru memanggil salah
satu nomor secara acak
7.
Siswa dengan nomor yang dipanggil (pada masing-masing kelompok) mempresentasikan
hasil diskusi kelompok . Hal tersebut berulang sampai semua kelompok mendapat
giliran
8.
Setelah semua
kelompok presentasi, guru menjelaskan kembali dan melengkapi apa yang belum
disamapaiakan oleh kelompok yang maju.
9.
Guru memberikan
Lembar Evaluasi kepada setiap siswa
10.
Siswa mengerjakan
Lembar Evaluasi secara individu
Konfirmasi
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui oleh siswa
2.
Guru melakukan penilaian secara tertulis tentang
semua materi yang telah disampaikan.
3.
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan pada
siswa
|
50 menit
|
Kegiatan akhir
|
1.
Guru memberikan umpan
balik kepada siswa mengenai pembelajaran yang telah dilakukan
2.
Bersama-sama guru dan
siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar.
3.
Guru memberikan tindak
lanjut pembelajaran kepada siswa
4.
Guru menyampaikan materi
pembelajaran yang akan dipelajari untuk pertemuan selanjutnya, yaitu tentang membaca
memindai
5.
Guru mengajak semua siswa
berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
|
10 menit
|
I.
Media/
Alat/ Sumber belajar
a.
Sumber
belajar
·
Sugono, Dendy. 2002. Lancar Berbahasa Indonesia 2 untuk sekolah dasar kelas . Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
·
Riyanti, Erni, dkk. 2015.PAKEM Bahasa Indonesia untuk SD /MI kelas 4. Surakarta : CV Teguh Karya
b.
Media
Beberapa gambar
J.
Penilaian
Jenis Penilaian : Tes dan Non Tes
Teknik
Penilaian : Tes : Evaluasi
(Menjodohkan)
Non Tes : Observasi
Instrumen Penilaian :
1. Penilaian
Evaluasi
2. Rubrik
Penilaian Observasi
Kudus, 31 Agustus 2015
Guru Kelas IV Mahasiswa
praktikan
Kunarsih.S.Pd.SD Isna
Khoerina P.R
NIP. 19581227 198202
2 004 NIM 2012330016
Mengetahui,
Kepala sekolah
Sugito, S.Pd.
NIP. 19610809 198304 1 006
LAMPIRAN MATERI
Mendeskripsikan gambar dengan kalimat yang runtut
Dalam melihat sebuah gambar, agar lebih jelas kamu harus membaca
penjelasannya. Apabila tidak ada penjelasan, kamu perlu menjelaskan. Dalam
menjelaskan sebuah gambar harus menggunakan bahasa dan kalimat yang runtut agar
mudah dipahami.
Perhatikan
dan jelaskan gambar dibwah ini !
Setiap hari Jumat sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih.
Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat
kebersihan, seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak
hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapi juga mengadakan gerakan
mengharumkan sekolah.
Kegiatan mengharumkan sekolah dilakukan agar para guru dan siswa
lebih kerasan dan kegiatan belajar di kelas berlangsung lancar. Oleh karena
itu, para guru maupun siswa harus bertanggung jawab atas kebersihan dan
harumnya sekolah.
Gerakan mengharumkan sekolah dimulai dengan mengharumkan ruang
kelas. Ini menjadi tanggung jawab para penghuni kelas. Setelah kelas disapu dan
dipel, meja dan kursi ditata. Selanjutnya kelas dan ruang diberi pengharum
ruangan. Selain itu, kamar kecil juga diharumkan.
Kelompok :
Anggota : 1. 3.
2. 4.
|
1. Perhatikan gambar dibawah ini !
2. Jelaskan gambar tersebut !
Nama :
No.abs:
|
Pergi ke Kantor Pos
Jam menunjukkan pukul 1
ketika Lusi pulang sekolah. Setelah makan, Lusi istirahat sambil menonton acara
televisi. Siang itu ibu berencana pergi ke kantor pos. Ia akan mengirimkan
surat untuk kakak Lusi. Kakak Lusi tinggal di Pulau Penang Malaysia. Lalu, ibu
mengajak Lusi pergi ke kantor pos. Letak kantor pos dari rumah Lusi ke arah
barat.
Mereka berangkat naik sepeda motor. Sebelumnya, mereka mampir ke pom bensin
terlebih dahulu yang berada di depan rumah Lusi. Setelah itu, perjalanan diteruskan
ke arah barat melewati kantor kejaksaan dan terminal. Kemudian belok kanan ke
arah utara melewati Mal Surya. Lalu belok ke kiri sampai di ujung jalan belok ke kanan. Akhirnya, sampailah di kantor
pos.
Dalam perjalanan
pulang, Lusi minta dibelikan boneka di Mal Surya. Permintaan itu dipenuhi oleh
ibu. Lalu, mereka pun mampir ke Mal Surya untuk membeli boneka.
Berdasarkan teks diatas, jawablah beberapa pertanyaan di
bawah ini
1. Ke mana Ibu mengajak Lusi pergi?
Jawab :
2. Di mana letak kantor pos?
Jawab
: .......................................................................
3. Melewati apa saja arah ke kantor pos?
Jawab
: .......................................................................
4. Setelah dari kantor pos, ke mana Lusi dan
ibunya pergi?
Jawab
: .......................................................................
5.
Apa
yang dibeli Lusi?
Jawab
: .......................................................................
KUNCI JAWABAN
1.
Kantor pos
2.
Dari pom bensin depan
rumah lusi, perjalanan diteruskan ke arah barat melewati kantor kejaksaan dan
terminal. Kemudian belok kanan ke arah utara melewati Mal Surya. Lalu belok ke
kiri sampai di ujung jalan belok ke
kanan. Akhirnya, sampailah di kantor pos.
3.
Melewati kantor kejaksaan, terminal dan
mal surya.
4.
Ke Mal Surya untuk membeli boneka
5.
Boneka
LAMPIRAN PENILAIAN
1.
Penilaian
Evaluasi
Penilaian
dilakukan dengan cara menghitung jumlah
jawaban yang benar dari soal yang tersedia.
Skor Penilaian = 100
Skor
Akhir = skor yang diperoleh x 100
Skor maks
Konversi Nilai
Amat baik (A)
|
90<A≤100
|
Baik (B)
|
80<B≤90
|
Cukup (C)
|
70<C≤ 80
|
Kurang (K)
|
≤70
|
2.
Rubrik
Penilaian Unjuk Kerja
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Ketertiban
|
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Aspek Yang Dinilai
NO
|
KRITERIA
|
BAIK SEKALI
(4)
|
BAIK
(3)
|
CUKUP
(2)
|
PERLU BIMBINGAN
(1)
|
1.
|
Kerja
sama
Kelompok
|
Bisa bekerja sama dengan baik, toleransi, menghargai pendapat teman
|
Bisa bekerja sama dengan baik, toleransi, tetapi kurang menghargai pendapat teman
|
Bisa bekerja sama dengan baik, api tidak ada toleransi, dan kurang menghargai pendapat teman
|
Tidak bisa bekerja sama dengan
baik
|
2.
|
Ketertiban
dalam kegiatan
|
Selalu tertib
sepanjang
kegiatan
|
Sesekali saja tidak
tertib
|
Sering tidak tertib dan
mengganggu kelas
namun masih bisa
diarahkan
|
Sepanjang
kegiatan tidak
tertib dan
mengganggu
kelas
|
3.
|
Keaktifan
|
Selalu aktif dan berusaha menjawab pertanyaan dengan benar.
|
Aktif tetapi kurang berusaha menjawab pertanyaan dengan benar.
|
Kurang aktif namun
ada usaha untuk menjawab pertanyaan
dengan benar.
|
Sangat pasif .
|
Skor Akhir = skor yang diperoleh x 4
Skor
maks
Konversi Nilai
Amat baik (A)
|
3.33 <A ≤ 4.00
|
Baik (B)
|
2.33 <B ≤ 3.33
|
Cukup (C)
|
1.33 <C≤ 2.33
|
Kurang (K)
|
≤ 1.33
|
PENGAYAAN
Perhatikan
gambar di bawah ini dan buatlah penjelasannya!
Jawab : ..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
REMIDIAL
Penjelasan :
Di
balai desa diadakan pertunjukan karaoke. Semua orang menuju ke balai desa
melihat pertunjukan tersebut. Balai desa terletak di sebelah kanan tempat sekolah
mereka, yaitu SD Sinar I. semua terlihat sangat gembira. Oleh karena salah satu
keluarganya ikut dalam pertunjukan karaoke tersebut.
Kerjakanlah
tugas berikut !
1.
Pertunjukkan apa
yang diadakan di balai desa ?
Jawab : .............................................................................................
2.
Dimana letak
balai desa ?
Jawab : .............................................................................................
3.
Mengapa semua
terlihat sangat gembira ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar