Senin, 31 Agustus 2015

rpp bahasa Indonesia MENDESKRIPSIKAN TEMPAT BERDASARKAN GAMBAR kelas 4




RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
KELAS IV SEMESTER I
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
MATERI MENDESKRIPSIKAN TEMPAT BERDASARKAN GAMBAR

DISUSUN OLEH
ISNA KHOERINA PUTRI RAHAYU
201233016

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                   : SD 2 Jojo
Mata Pelajaran                 :Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan                 : Kesenian  
Sub Pokok Bahasan        : Mendeskripsikan Tempat Berdasarkan Gambar
Kelas                                  : IV (Empat)
Semester                             : 1 ( Satu )
Alokasi Waktu                  : 2 x 35 menit

A.         Standar Kompetensi
2. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
B.          Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
C.         Indikator
1.      Mendeskripsikan tempat berdasarkan gambar.
2.      Menjelaskan tempat berdasarkan gambar yang sudah ditentukan.
D.         Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini siswa diharapkan:
1.      Mampu mendeskripsikan tempat berdasarkan gambar.
2.      Mampu menjelaskan tempat berdasarkan gambar yang sudah ditentukan.
E.          Karakter Siswa yang Diharapkan
Religious, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu dan disiplin.
F.          Materi Pembelajaran
Mendeskripsikan tempat berdasarkan gambar.

G.         Pendekatan,Model dan Metode
Pendektan  : Scientific
Model        : Kooperatif tipe NHT (Number Head Together)
Metode      :  Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
H.         Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan awal
a.    Guru mengucapkan salam.
b.    Menyuruh salah satu siswa memimpin doa.
c.       Guru mengabsensi siswa.
d.      Menanyakan kabar untuk hari ini, menanyakan apa kegitan yang dilakukan selama liburan sekolah.
e.       Guru menyampaikan materi dan indikator.
10 menit
Kegiatan inti
Eksplorasi
1.      Guru menunjukkan beberapa gambar.
2.      Guru menjelaskan tentang gmbar-gmabr tersebut.
3.      Guru melakukan Tanya jawab tentang gambar yang ditunjukkan.
Elaborasi
1.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri  dari 3-4 siswa
2.      Setiap siswa dalam kelompok diberikan nomor urut yang berbeda-beda
3.      Guru memberikan  LKS  kepada tiap kelompok
4.      Setiap kelompok mendiskusikan LKS sesuai dengan petunjuk guru
5.      Setiap kelompok mencatat hasil diskusi kelompoknya beserta jawaban dari pertanyaan yang terdapat dalam Lembar Kerja Siswa
6.      Setelah selesai diskusi, guru memanggil salah satu nomor secara acak
7.      Siswa dengan nomor yang dipanggil (pada masing-masing kelompok) mempresentasikan hasil diskusi kelompok . Hal tersebut berulang sampai semua kelompok mendapat giliran
8.      Setelah semua kelompok presentasi, guru menjelaskan kembali dan melengkapi apa yang belum disamapaiakan oleh kelompok yang maju.
9.      Guru memberikan Lembar Evaluasi kepada setiap siswa
10.  Siswa mengerjakan Lembar Evaluasi secara individu
Konfirmasi
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
2.      Guru melakukan penilaian secara tertulis tentang semua materi yang telah disampaikan.
3.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan pada siswa
50 menit
Kegiatan akhir
1.      Guru memberikan umpan balik kepada siswa mengenai pembelajaran yang telah dilakukan
2.      Bersama-sama guru dan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar.
3.      Guru memberikan tindak lanjut pembelajaran kepada siswa
4.      Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dipelajari untuk pertemuan selanjutnya, yaitu tentang membaca memindai
5.      Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
10 menit
I.            Media/ Alat/ Sumber belajar
a.      Sumber belajar
·         Sugono, Dendy. 2002. Lancar Berbahasa Indonesia  2 untuk sekolah dasar kelas .  Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
·         Riyanti, Erni, dkk. 2015.PAKEM Bahasa Indonesia untuk SD /MI kelas 4. Surakarta : CV Teguh Karya
b.      Media
Beberapa gambar













J.           Penilaian
Jenis Penilaian              :  Tes dan Non Tes
Teknik Penilaian           :  Tes : Evaluasi (Menjodohkan)
   Non Tes : Observasi
Instrumen Penilaian    :         
1.      Penilaian Evaluasi
2.      Rubrik Penilaian Observasi






Kudus, 31 Agustus 2015
Guru Kelas IV                                                            Mahasiswa praktikan


Kunarsih.S.Pd.SD                                                      Isna Khoerina P.R
NIP. 19581227 198202 2 004                                    NIM 2012330016


Mengetahui,
Kepala sekolah



Sugito, S.Pd.
NIP. 19610809 198304 1 006









LAMPIRAN MATERI
Mendeskripsikan gambar dengan kalimat yang runtut
       Dalam melihat sebuah gambar, agar lebih jelas kamu harus membaca penjelasannya. Apabila tidak ada penjelasan, kamu perlu menjelaskan. Dalam menjelaskan sebuah gambar harus menggunakan bahasa dan kalimat yang runtut agar mudah dipahami.
Perhatikan dan jelaskan gambar dibwah ini !
Setiap hari Jumat sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan, seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapi juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.
Kegiatan mengharumkan sekolah dilakukan agar para guru dan siswa lebih kerasan dan kegiatan belajar di kelas berlangsung lancar. Oleh karena itu, para guru maupun siswa harus bertanggung jawab atas kebersihan dan harumnya sekolah.
Gerakan mengharumkan sekolah dimulai dengan mengharumkan ruang kelas. Ini menjadi tanggung jawab para penghuni kelas. Setelah kelas disapu dan dipel, meja dan kursi ditata. Selanjutnya kelas dan ruang diberi pengharum ruangan. Selain itu, kamar kecil juga diharumkan.


           
Kelompok   :      
Anggota     : 1.                            3.
                  2.                            4.
               
       







1.      Perhatikan gambar dibawah ini !
2.      Jelaskan gambar tersebut !












Nama :
No.abs:





Pergi ke Kantor Pos
Jam menunjukkan pukul 1 ketika Lusi pulang sekolah. Setelah makan, Lusi istirahat sambil menonton acara televisi. Siang itu ibu berencana pergi ke kantor pos. Ia akan mengirimkan surat untuk kakak Lusi. Kakak Lusi tinggal di Pulau Penang Malaysia. Lalu, ibu mengajak Lusi pergi ke kantor pos. Letak kantor pos dari rumah Lusi ke arah barat.
Mereka berangkat naik sepeda motor.  Sebelumnya, mereka mampir ke pom bensin terlebih dahulu yang berada di depan rumah Lusi. Setelah itu, perjalanan diteruskan ke arah barat melewati kantor kejaksaan dan terminal. Kemudian belok kanan ke arah utara melewati Mal Surya. Lalu belok ke kiri sampai di ujung jalan  belok ke kanan. Akhirnya, sampailah di kantor pos.
Dalam perjalanan pulang, Lusi minta dibelikan boneka di Mal Surya. Permintaan itu dipenuhi oleh ibu. Lalu, mereka pun mampir ke Mal Surya untuk membeli boneka.
Berdasarkan teks diatas, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini
1.    Ke mana Ibu mengajak Lusi pergi?
Jawab :                                                                                   
2.    Di mana letak kantor pos?
Jawab : .......................................................................     
3.    Melewati apa saja arah ke kantor pos?
Jawab : .......................................................................     
4.    Setelah dari kantor pos, ke mana Lusi dan ibunya pergi?
Jawab : .......................................................................     
5.    Apa yang dibeli Lusi?
Jawab : .......................................................................     









KUNCI JAWABAN

1.      Kantor pos
2.      Dari pom bensin depan rumah lusi, perjalanan diteruskan ke arah barat melewati kantor kejaksaan dan terminal. Kemudian belok kanan ke arah utara melewati Mal Surya. Lalu belok ke kiri sampai di ujung jalan  belok ke kanan. Akhirnya, sampailah di kantor pos.
3.      Melewati kantor kejaksaan, terminal dan mal surya.
4.      Ke Mal Surya untuk membeli boneka
5.      Boneka




















LAMPIRAN PENILAIAN

1.      Penilaian Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan cara menghitung jumlah  jawaban yang benar dari soal yang tersedia.
Skor Penilaian    =  100
Skor Akhir          =    skor yang diperoleh x 100
Skor maks
Konversi Nilai

Amat baik (A)
90<A≤100
Baik (B)
80<B≤90
Cukup (C)
70<C≤ 80
Kurang (K)
≤70

2.      Rubrik Penilaian Unjuk Kerja


No.

Nama Siswa
Aspek

Jumlah

Nilai
Kerjasama
Keaktifan
Ketertiban


1.






2.






3.






4.






  5.






Dst.








Skor Aspek Yang Dinilai
NO
KRITERIA
BAIK SEKALI
(4)
BAIK
(3)
CUKUP
(2)
PERLU BIMBINGAN
(1)
1.       
Kerja sama
Kelompok
Bisa bekerja sama dengan baik, toleransi, menghargai pendapat teman
Bisa bekerja sama dengan baik, toleransi,  tetapi kurang menghargai pendapat teman
Bisa bekerja sama dengan baik, api tidak ada toleransi,  dan kurang menghargai pendapat teman
Tidak bisa bekerja sama dengan baik
2.       
Ketertiban
dalam kegiatan





Selalu tertib
sepanjang kegiatan
Sesekali saja tidak
tertib
Sering tidak tertib dan
mengganggu kelas
namun masih bisa
diarahkan
Sepanjang
kegiatan tidak
tertib dan
mengganggu
kelas
3.       
Keaktifan
Selalu aktif dan berusaha menjawab pertanyaan dengan benar.
Aktif tetapi kurang berusaha menjawab pertanyaan dengan benar.
Kurang aktif namun ada usaha untuk  menjawab pertanyaan dengan benar.
Sangat pasif .


Skor Akhir =      skor yang diperoleh x 4
Skor maks

Konversi Nilai
Amat baik (A)
3.33 <A ≤ 4.00
Baik (B)
2.33 <B ≤ 3.33
Cukup (C)
1.33 <C≤  2.33
Kurang (K)
≤ 1.33























PENGAYAAN

Perhatikan gambar di bawah ini dan buatlah penjelasannya!
      Jawab : ..............................................................................................                   
                   ..............................................................................................
                   ..............................................................................................
                   ..............................................................................................
                   ..............................................................................................
                   ..............................................................................................
                   ..............................................................................................













REMIDIAL

Penjelasan :
              Di balai desa diadakan pertunjukan karaoke. Semua orang menuju ke balai desa melihat pertunjukan tersebut. Balai desa terletak di sebelah kanan tempat sekolah mereka, yaitu SD Sinar I. semua terlihat sangat gembira. Oleh karena salah satu keluarganya ikut dalam pertunjukan karaoke tersebut.
Kerjakanlah tugas berikut !
1.      Pertunjukkan apa yang diadakan di balai desa ?
Jawab : .............................................................................................
2.      Dimana letak balai desa ?
Jawab : .............................................................................................
3.      Mengapa semua terlihat sangat gembira ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar