Rabu, 02 Agustus 2023

INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK

PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

1.      Identitas

Nama                                :

NIY                                  :

Pangkat/ Golongan          :

Jenis Kelamin                   :

Unit Kerja                        :

Tugas Mengajar               :

Mata Pelajaran                 :

 

2.      Lembar Penilaian

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir Instrumen Supervisi Akademik Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran dengan cara memberikan angka pada kolom skor (1, 2, 3, dan 4) sesuai dengan kriteria sebagai berikut:

1 = kurang

2 = cukup

3 = baik

4 = sangat baik

No

Aspek yang Dinilai

Skor

Ket

4

3

2

1

I

Pra Pembelajaran

 

 

 

 

Skor Maksimal 104

1

Memeriksa kesiapan siswa

 

 

 

 

2

Mengawali dengan berdo’a

 

 

 

 

3

Melakukan kegiatan apersepsi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II

Kegiatan Inti Pembelajaran

 

 

 

 

A

Penugasan Materi Pelajaran

 

 

 

 

4

Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran

 

 

 

 

5

Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan

 

 

 

 

6

Menyampaikan materi dengan jelass dan sesuai hirarkhi belajar

 

 

 

 

7

Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B

Pendekatan/ Strategi Pembelajaran

 

 

 

 

8

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan)

 

 

 

 

9

Melaksanakan pembelajaran secara runtut

 

 

 

 

10

Menguasai kelas

 

 

 

 

11

Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontektual

 

 

 

 

12

Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

 

 

 

 

13

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


C

Pemanfaatan Sumber Belajar/ media Pembelajaran

 

 

 

 

 

14

Menggunakan media secara efektif dan efisien

 

 

 

 

15

Menghasilkan pesan yang menarik

 

 

 

 

16

Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D

Pembelajaran yang Memicu dan Memelihara Ketertiban Siswa

 

 

 

 

17

Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran

 

 

 

 

18

Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa

 

 

 

 

19

Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

E

Penilaian Proses dan Hasil Belajar

 

 

 

 

20

Memantau kemajuan belajar selama proses

 

 

 

 

21

Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

F

Penggunaan Bahasa

 

 

 

 

22

Menggunakan bahasa tulisan dan lisan sevara jelas, baik, dan benar

 

 

 

 

23

Menyampaikan pesan sesuai dengan gaya yang baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

III

Penutup

 

 

 

 

24

Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa

 

 

 

 

25

Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai remidi/ pengayaan

 

 

 

 

26

Menutup kegiatan dengan memberikan salam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

Total Skor

 

Nilai Akhir

 

 

3.   Nilai Akhir                                   :

:

 

4.      Klasifikasi                                    :

 

A

: Sangat Baik

: 80 – 100

B

: Baik

: 66 – 79

C

: Cukup

: 56 – 65

D

: Kurang

: 46 – 55

E

: Sangat Kurang

: 0 - 45

 

5.      Catatan Temuan                           :

...............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................

 

6.      Rekomendasi                               :

...............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................


 

7.      Tanggapan yang disupervisi        :

...............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................

 

 

 

 

Yang Disupervisi

 

 

 

.................................

NIP.

Kudus,

Supervisor

 

 

 

 

.....................................

NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar