INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1. Identitas
Nama :
NIY :
Pangkat/ Golongan :
Jenis Kelamin :
Unit Kerja :
Tugas Mengajar :
Mata Pelajaran :
2. Lembar Penilaian
Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir Instrumen Supervisi Akademik Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran dengan cara memberikan angka pada kolom skor (1, 2, 3, dan 4) sesuai dengan kriteria sebagai berikut:
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = sangat baik
No |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
Ket |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|||
I |
Pra Pembelajaran |
|
|
|
|
Skor Maksimal 104 |
1 |
Memeriksa kesiapan siswa |
|
|
|
|
|
2 |
Mengawali dengan berdo’a |
|
|
|
|
|
3 |
Melakukan kegiatan apersepsi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II |
Kegiatan Inti Pembelajaran |
|
|
|
|
|
A |
Penugasan Materi Pelajaran |
|
|
|
|
|
4 |
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran |
|
|
|
|
|
5 |
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan |
|
|
|
|
|
6 |
Menyampaikan materi dengan jelass dan sesuai hirarkhi belajar |
|
|
|
|
|
7 |
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B |
Pendekatan/ Strategi Pembelajaran |
|
|
|
|
|
8 |
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) |
|
|
|
|
|
9 |
Melaksanakan pembelajaran secara runtut |
|
|
|
|
|
10 |
Menguasai kelas |
|
|
|
|
|
11 |
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontektual |
|
|
|
|
|
12 |
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif |
|
|
|
|
|
13 |
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C |
Pemanfaatan Sumber Belajar/ media Pembelajaran |
|
|
|
|
|
14 |
Menggunakan media secara efektif dan efisien |
|
|
|
|
|
15 |
Menghasilkan pesan yang menarik |
|
|
|
|
|
16 |
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D |
Pembelajaran yang Memicu dan Memelihara Ketertiban Siswa |
|
|
|
|
|
17 |
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran |
|
|
|
|
|
18 |
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa |
|
|
|
|
|
19 |
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E |
Penilaian Proses dan Hasil Belajar |
|
|
|
|
|
20 |
Memantau kemajuan belajar selama proses |
|
|
|
|
|
21 |
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
F |
Penggunaan Bahasa |
|
|
|
|
|
22 |
Menggunakan bahasa tulisan dan lisan sevara jelas, baik, dan benar |
|
|
|
|
|
23 |
Menyampaikan pesan sesuai dengan gaya yang baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III |
Penutup |
|
|
|
|
|
24 |
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa |
|
|
|
|
|
25 |
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai remidi/ pengayaan |
|
|
|
|
|
26 |
Menutup kegiatan dengan memberikan salam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
||
Total Skor |
|
|||||
Nilai Akhir |
|
3. Nilai Akhir :
:
4. Klasifikasi :
A |
: Sangat Baik |
: 80 – 100 |
B |
: Baik |
: 66 – 79 |
C |
: Cukup |
: 56 – 65 |
D |
: Kurang |
: 46 – 55 |
E |
: Sangat Kurang |
: 0 - 45 |
5. Catatan Temuan :
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
6. Rekomendasi :
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
7. Tanggapan yang disupervisi :
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
Yang Disupervisi
................................. NIP. |
Kudus, Supervisor
..................................... NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar