Selasa, 12 September 2023

latihan soal sumatif tengah semester ganjil Pendidikan Pancasila

 

Mata Pelajaran                    :Pendidikan Pancasila

Kurikulum                           : Merdeka

Kelas                                     :V (Lima)

Alokasi Waktu                    : 90 Menit

Jumlah Soal                         : 25 Soal Pilihan Ganda dan 5 Soal Isian

 

 

I.          Berilah tanda silang  ( x ) pada huruf A, B, C atau D di depan jawaban yang benar !

 


1.       Perilaku menghormati orang yang lebih tua sesuai norma yang berlaku di masyarakat adalah . . . .

a.       Santun

b.       Tertib

c.       Bermusyawarah

d.       Gotong-royong 

2.       Perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur sila ke dua Pancasila adalah . . . .

a.       Rajin beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa

b.       Menggambarkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa

c.       Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan

d.       Bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah

3.       Berikut yang merupakan contoh gotong royong di lingkungan masyarakat adalah . . . .

a.       Mengecat pagar sekolah

b.       Memperbaiki rumah seperti atap yang bocor

c.       Membersihkan gorong-gorong di lingkungan dusun

d.       Membersihkan dan menanam tanaman di taman sekolah

4.       Perhatikan pertanyaan berikut !

1)      Menjalan persahabatan

2)      Saling tegur sapa

3)      Saling bermusuhan

4)      Membuat fitnah

Pernyataan yang sesuai dengan cara menjaga kerukunan dengan tetangga adalah . . . .

a.       1) dan 2)

b.       2) dan 3)

c.       1) dan 3)

d.       3) dan 4)

5.       Sesuatu yang harus dilakukan menurut aturan yang berlaku disebut . . . .

a.       Hak

b.       Mufakat

c.       Kewajiban

d.       Tanggung jawab

6.       Dasar pandangan hidup bangsa Indonesia adalah . . . .

a.       UUD 1945

b.       Bhinneka Tunggul Ika

c.       Batang Tubuh

d.       Pancasila

7.       Perhatikan pernyataan berikut !

1)      Memiliki karakter yang kuat

2)      Menjadi siswa yang optimis dan berani

3)      Menunjang kesuksesan

4)      Melunturkan nilai persatuan

5)      Memilki rasa dendam

Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk manfaat jika kita menerapkan sikap sopan santun adalah . . . .

a.       1), 2), 5)

b.       1), 2), 3)

c.       1), 3), 4)

d.       1), 4), 5)

8.       Selain menjadi ajang silaturrahmi siswa bergotong royong juga memiliki banyak manfaat. Pernyataan berikut ini yang bukan termasuk manfaat adalah . . . .

a.       Menumbuhkan rasa solidaritas

b.       Menumbuhkan sikap saling iri dengki

c.       Menumbuhkan sikap kebersamaan

d.       Meringankan beban pekerjaan

9.       Contoh peran serta siswa untuk memperkuat persatuan bangsa indonesia adalah . . . .

a.       Membantu korban bencana alam

b.       Mengikuti upacara bendera

c.       Ikut serta dalam kompenen pertahan negara

d.       Beribadah sesuai agama masing-masing

10.   Rasa kebangsaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalilas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal, merupakan pengertian dari . . . .

a.       Gotong royong

b.       Kerukunan

c.       Sopan santun

d.       Rasa cinta tanah air

11.   Kesadaran mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membeda-bedakan merupakan nilai luhur Pancasila pada sila . . . .

a.       Pertama

b.       Ketiga

c.       Kedua

d.       Keempat

12.   Dengan menaati peraturan sekolah, akan tercipta suasana . . . .

a.       Tertib

b.       Kisruh

c.       Terkekang

d.       Kekacauan

13.   Di bawah ini sikap yang baik dalam musyawarah adalah . . . .

a.       Tidak menghargai pendapat orang lain

b.       Tidak memotong pembicaraan orang lain

c.       Mencela pendapat orang lain

d.       Memaksaan kehendak kepada orang lain

14.   Beribadah dengan khusyuk merupakan tanggung jawab kepada . . . .

a.       Diri sendiri

b.       Tuhan

c.       Keluarga

d.       Masyarakat

15.   Habib tidak ingin terlambat ke sekolah. Akn tetapi, pagi ini suasana lalu lintas sangat ramai. Akhirnya habib terlambat sampai di sekolah. Usaha apa yang dilakukan Habib tanggung jawab sebagai siswa adalah . . . .

a.       Berangkat sekolah lebih awal

b.       Berkendara dengan kecepatan tinggi

c.       Oindah sekolah yang lebbih dekat

d.       Jika sudah terlambat tidak usah berangkat

16.   Contoh acara adat masyarkat Kudus yang mencerminkan gotong royong adalah . . . .

a.       Tradisi Dandangan

b.       Tradisi bulusan

c.       Tradisi kupatan

d.       Bubur syuro menara kudus

17.   Sikap yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dulu dan mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan adalah . . . .

a.       Ramah tamah dan murah senyum

b.       Kekeluargaan dan gotong royong

c.       Tekun dan semangat kerja

d.       Suka membantu orang lain

18.   Contoh nilai luhur Pancasila sila kedua di lingkungan keluarga adalah . . . .

a.       Menolong teman yang sedang kesusahan

b.       Homat dan patuh kepada orang tua

c.       Memberikan tempat duduk kepada orang tua atau ibu hamil saat di kendaraan umum

d.       Suka bermusyawarah dengan warga

19.   Kebersihan sekolah menjadi tanggung jawab . . . .

a.       Guru

b.       Siswa

c.       Penjaga sekolah

d.       Warga sekolah

20.   Sikap yang sesuai nilai luhur Pancasila sila keempat di lingkungan sekolah adalah . . . .

a.       Memaksa orang lain untuk mengikuti pendapatnya

b.       Marah ketika dinasehati guru

c.       Menyampaikan pendapat dengan nada tinggi dan tidak sopan

d.       Menerimakritik dan saran dari guru dengan lapang dada

21.    Perhatikan tabel berikut !

1

Tanggung jawab kebersihan rumah

A

Kewajiban siswa

2

Wajib dilakukan anak di rumah

B

Hak

3

Sesuatu yang melekat sejak lahir

C

Membantu orang tua

4

Menaati peraturan sekolah

D

Semua anggota keluarga

Pasangan yang tepat untuk pernyataan di atas adalah . . . .

a.       1-c, 3a

b.       4-a, 1-d

c.       1-a, 2-b

d.       3-c, 4-d

22.   Sikap yang menunjukkan pangalaman nilai pancasila sila ke lima adalah . . . .

a.       Menghormati hari raya pemeluk agama yang berbeda

b.       Menghargai karya orang lain

c.       Membantu tetangga yang tertimpa musibah

d.       Menggunakan hak pilihnya saat pemilu

23.   Bentuk keragaman sosial budaya masyarakat antara lain keragaman . . . .

a.       Bahasa

b.       Pendidikan

c.       Penghasilan

d.       Pekerjaan

24.   Manusia adalah makhluk sosial. Maksud dari pernyataan diatas adalah . . . .

a.       Manusia bisa hidup secara sendiri

b.       Manusia harus memahami kebutuhannya sendiri

c.       Manusia saling membutuhkan satu sama lain

d.       Manusia dapat memenuhi kebutuhannya sendiri

25.   Dampak adanya keberagaman budaya di Indonesia adalah . . . .

a.       Memperkaya budaya bangsa

b.       Memecah bangsa

c.       Membedakan antarindividu

d.       Menimbulkan persaingan


II.Isilah ttik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1.       Contoh manfaat sikap sopan santun adalah . . . .

2.       Tradisi  "tradisi bubur syuro menara Kudus" memiliki makna yang . . . .

3.       Penerapan gotong royong dalam keberagaman adalah . . . .

4.       Salah satu unsur-unsur gotong royong dalah . . . .

5.       Kita sebagai generasi muda harus menerapkan gotong royong supaya . . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar